Jumat, 20 April 2007

Mata

Mata adalah salah satu sensor pada tubuh manusia atau makhluk hidup lain yang bermanfaat untuk membedakan siang dan malam, hujan dan tidak hujan dan sebagainya. Seringkali seiring dengan perkembangan jaman, fungsi sensor ini khususnya pada manusia telah banyak berubah. Dewasa ini banyak orang yang telah memanfaatkan mata sebagai alat untuk membaca atau melihat. Dengan mata orang dapat mencerap informasi yang ada di hadapannya, di atasnya, di belakangnya dan di tempat lain. Kemampuan lain yang dapat dikembangkan dari mata adalah untuk mendengar.

Umumnya manusia memiliki dua mata atau lebih hal ini tergantung seberapa besar kepalanya dan bagian-bagian tubuhnya di mana mata tersebut dapat diletakkan. Pada beberapa jenis serangga, misalnya laba-laba, terdapat hanya dua mata. Mata mereka ini agak lain dengan mata pada manusia dikarenakan kegunaannya. Mata pada serangga umumnya masih murni, tidak seperti mata pada manusia yang telah dapat digunakan untuk membaca.

Bentuk mata umumnya bulat seperti bola, akan tetapi hal ini tidak berarti bahwa mata selalu berbentuk bulat. Dapat saja terdapat mata yang berbentuk kotak, tidak berbentuk ataupun yang bentuknya tergantung tempat di mana ia berada. Contoh-contoh mata adalah: mata kaki, mata air, mata pencaharian, mata-mata, matahari dan matamu.

Asal kegunaan mata bukan untuk pipis yaa..

1 komentar:

Boss mengatakan...

Nggak nggenah!!!
Mata kok buat pipis!!!!