Selasa, 31 Mei 2011

Si Plus-Plus

Yuk ngomong bahasa C++, dibaca si plus-plus, bahasa yang cukup tua memang, bahkan lebih tua dari umur aku. C++ merupakan bahasa pemrograman jenis ketikan statis, berbentuk bebas, banyak pola pikir, terkompilasi, dan bertujuan umum. Bahasa ini dianggap sebagai bahasa tingkat menegah sebab terdiri atas gabungan atatara bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahasa ini di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup yang dimulai tahun 1979 di Bell Labs sebagai tingkat lanjut dari bahasa C dan awalnya bernama C with Classes. Nama ini baru diganti menjadi C++ di tahun 1983.
Sebuah bahasa pemrograman dikatakan sebagai ketikan statis ketika memeriksa ketikan dilakukan selama waktu kompilasi sebagai lawan waktu jalan. Pemeriksa jenis statis hanya memeriksa jenis informasi yang dapat ditentukan pada waktu kompilasi, tetapi dapat memverifikasi bahwa kondisi terperiksa berlaku untuk semua kemungkinan eksekusi program, yang menghilangkan kebutuhan untuk mengulang pemeriksaan jenis setiap kali program dieksekusi. Eksekusi program juga dapat dilakukan lebih efisien (yakni lebih cepat atau mengambil memori lebih sedikit) dengan menghilangkan Pemeriksaan jenis waktu jalan dan memungkinkan optimali yang lainnya.
Bahasa pemrograman bentuk bebas adalah bahasa pemrograman yang posisi karakter pada halaman dalam teks program tidak berpengaruh. Teks program tak perlu ditempatkan dalam kolom khusus seperti pada sistem kartu tekan lama, dan sering kali akhir baris juga tidak berpengaruh. Spasi kosong digunakan untuk membatasi tanda perintah, dan tidak memiliki pengaruh lain.
Sebuah bahasa pemrograman banyak pola pikir adalah bahasa pemrograman yang mendukung lebih dari satu pola pikir pemrograman Gagasan tentang sebuah bahasa banyak pola pikir adalah untuk menyediakan sebuah kerangka di mana programer dapat bekerja dalam berbagai gaya, bebas mencampurkan konstruksi dari pola pikir yang berbeda. Tujuan Desain bahasa tersebut adalah untuk memungkinkan programer untuk menggunakan alat terbaik untuk pekerjaan, untuk mengakui bahwa tidak ada pola pikir yang dapat menyelesaikan semua masalah dengan cara termudah atau terefisien.
Sedikit bingung dengan kata-kata di atas? Maaf, ya, itu adalah terjemahan bebas dari bahasa Inggris, dan walaupun begitu aku berusaha agar kalimatnya dapat dimengerti.
Semoga berguna.

Tidak ada komentar: