Kamis, 21 Juni 2007

Cecoretan episode #4 : Blogger Bahasa Indonesia

Blogger.com adalah suatu layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki oleh Google. Blogger juga merupakan sebutan bagi orang yang memiliki dan mengelola sebuah blog. Bayu di BlogSpot adalah salah satu yang menggunakannya. Bila memiliki akun Blogger.Com maka pemiliknya memiliki alamat: http://pengguna.blogspot.com/. Hari ini terlihat di Blogger suadah memiliki layanan berbahasa indonesia. Blogger sebelumnya tidak memiliki layanan berbahasa Indonesia sehingga Bayu di BlogSpot memilih mempergunakan Bahasa Inggris. Halaman awal Blogger udah menampilkan petunjuk dan lain-lainnya dalam bahasa Indonesia secara otomatis apabila IP location dari ISP terdeteksi berasal dari Indonesia.
Apabila setelah login tampilan dashboard kamu masih dalam bahasa lainnya atau Bahasa Inggris (Amerika Serikat) secara dasar, kamu bisa memilih Bahasa Indonesia dalam pilihan Bahasa yang berada disebelah kanan Dashboard. Sepertinya Blogger lagi nyicil sedikit-sedikit untuk perubahan selanjutnya, tinggal nunggu fasilitas upload video saja yang belum.

Pengertian Blog
Sebenarnya apakah blog itu? Blog merupakan adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog
Blog merupakan kependekan dari "weblog" yang secara bebas berarti catatan web. Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997 dengan maksud bercanda memecahnya menjadi "we blog" . Dan sekarang blog diadaptasi menjadi kata kerja dan kata benda ("mengeblog", berarti "untuk mengirim dan/atau menyunting satu atau beberapa weblog").
Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang di peruntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Referensi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Boz, Bisa Posting Struktur Organisasi PyraLab And Google gak? tapi dalam bentuk gambar, Trus juga jelassin tugas/wewenang mereka ngapain aja... Oke, gw prlu neh bat TA gw.....

gw tunggu secepatnya

Bayu Aditya H mengatakan...

Insya Allah.