Kamis, 16 Agustus 2007

Merdeka Negeri Kita : Indonesia Raya

Negeri kita akan ulang tahun yang ke-62, setelah perjuangan yang panjang dari para pejuang kemerdekan. Kita harus tetap menjaga negeri kita agar tidak terjajah lagi baik berupa fisik ataupun jiwa kita. Kita harus berani mengatakan : "Indonesia Negeriku", tanpa malu-malu lagi, walaupun ada beberapa anak negeri ini yang tingkah lakunya memalukan. Kita harus bangga akan negeri ini, dimulai dari mencintai produk dalam negeri, produk dalam negeri hasil kerja keras bangsa.
Coba lihat judul di atas, "Indonesia Raya", lagu kebangsaan kita. Apakah kamu hafal? Tentumya sebagai anak negri harus hafal dan menghayati lagu tersebut.
Kemarin pada 4 Agustus 2007 Roy Suryo mengklaim menemukan lagu Indonesia Raya yang lebih lengkap daripada yang selama ini digunakan melalui kerjasama penelitian dengan Tim Air Putih.Pada 6 Agustus 2007, ditambahkan pernyataan bahwa ia meneliti sekaligus tiga versi lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya yang diklaim versi asli ini pertama kali dipublikasikan oleh surat kabar Sin Po. Berikut ini adalah kutipan lirik lagu Indonesia Raya asli versi Roy Suryo, seperti yang di beritakan detikinet :

Indonesia Tanah Airkoe
Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri
Djadi Pandoe Iboekoe

Indonesia Kebangsaankoe
Bangsa dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe
Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe
Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra'jatkoe Semw'wanja
Bangoenlah Jiwanja
Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

Reff:
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahkoe Negrikoe jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka
Hidoeplah Indonesia Raja

Indonesia Tanah jang Moelia
Tanah Kita jang Kaja
Di Sanalah Akoe Berdiri
Oentoek Slama-lamanja
Indonesia Tanah Poesaka
Poesaka Kita Semoeanja
Marilah Kita Mendo'a
Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja
Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra'jatnja Sem'wanja
Sadarlah Hatinja
Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

Reff:
Indonesia Tanah Jang Soetji
Tanah Kita Jang Sakti
Di Sanalah Akoe Berdiri
'Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri
Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji
Indonesia Abadi

Slamatlah Ra'jatnja
Slamatlah Poetranja
Poelaoenja, Laoetnja, Sem'wanja
Madjoelah Negrinja
Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja
Namun kemudian diklarifikasi bahwa temuan tersebut bukanlah lagu Indonesia Raya asli. Lagu sebenarnya direkam oleh Perusahaan Piringan Hitam Populer, Pasarbaru milik Yo Kim Chan yang belum ditemukan hingga sekarang. Pada 6 Agustus 2007, Tim Air Putih juga membantah Roy Suryo sebagai pihak yang pertama meneliti dan menemukan lagu teresebut. Roy Suryo juga tidak diakui sebagai pihak yang bekerjasama dengan tim ini dalam meneliti hal tersebut. Roy Suryo menganggap bahwa penolakan tersebut tidak berasal dari sumber yang bisa dipercaya. Namun pada tanggal 7 Agustus 2007, salah seorang anggota Tim Air Putih mengklarifikasi secara tertulis kepada media bahwa mereka memang bekerjasama dengan Roy Suryo untuk berhubungan dengan pemerintah.
Namun, melihat dari lirik ini, sepertinya aku pernah membacanya di buku seni musik kelas dua SMP-ku dulu, persis seperti ini, tapi dengan ejaan yang disempunakan. Di bukuku, lagu Indonesia Raya hanya sampai Reff pertama yang di beri notasi balok, sedangkan yang seterusnya hanya senagai pelengkap saja.
Dari sini, aku berkesimpulan bahwa lagu tersebut bulanlah lagu asli namun hanya versinya saja yang berbeda.

Tidak ada komentar: