Kamis, 04 Oktober 2007

Red Alert : Gunung Kelud Satus Siaga



Kawah Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah gunung yang berada di pernatasa antara Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Kediri. Status Gunung Kelud di Kediri, Sabtu malam (29 September 2007), dinaikkan dari waspada menjadi siaga. Penetapan ini lantaran terjadinya peningkatan aktivitas gempa dan penggelembungan tubuh gunung akibat tekanan magma dalam perut gunung.
Berdasarkan pemantauan di Pos Pantau Gunung Kelud, Dusun Margomulyo, Sugihwaras, Ngancar, Kabupaten Kediri, selama tiga hari terakhir terjadi gempa terus-menerus. Puncaknya pada Rabu, 27 September 2007, silam, berupa gempa vulkanik sebanyak 26 kali. Bahkan, Sabtu kemarin, terjadi gempa tremor sebanyak dua kali.


klik untuk
memperbesar

Klemunan, yang berada di Kecamatan Wlingi berada sejauh 17,57 KM dari puncak Gunung Kelud, sedikit terlidungi dari laharnya karena berada di seberang timur dari Sungai Lekso, sungai yang menjadi aliran lahar Gunung Kelud. Mungkin cuma kena abunya yang banyak, yang bikin repot, semoga saja.
Namun bila meletus, listrik, telepon, mungkin juga air ldeng akan mati. Aku tidak bisa nonton televisi, nggal bisa ngenet, nggak bisa seeeekooolah.
Sekolah akan libur. Jadi bila jadi meletus moga-moga saja setelah liburan sekolah. Tapi bila begitu aku akan ketinggalan banyal ulangan yang akan diadakan setelah liburan lebaran.
Dengan adanya status baru ini, masyarakat di sekitar Gunung Kelud diminta agar lebih waspada. Warga diimbau tidak mendekati lokasi gunung hingga radius 10 kilometer.
Oh, ya. Masalah "Status Siaga" merupakan level-level dari aktivitas Guning Kelud, yaitu :
  • Level Satu : "Aktif Normal", gunung dalam keadaan aktif tapi dalam taraf normal,
  • Level Dua : "Waspada", gunung menunjukkan tanda-tanda awal meletus,
  • Level Tiga : "Siaga", gunung menunjukkan tanda-tanda akan meletus,
  • Level Empat : "Awas", gunung dalam keadaan meletus.
Semua level-level itu didapat dari aku mendengan Radio Mayangkara, Blitar, tadi malam.
Mumpung akan lebaran dan Gunung Kelud akan meletus, mungkin saja waktu lebaran dehingga aku tidak bisa ngenet, maka aku ucapkan :
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir serta Batin

Tidak ada komentar: