Senin, 11 Februari 2008

Memo

Memo merupakan pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Menurut pemakaiannya, memo ada yang bersifat resmi dan bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo bersifat pribadi dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan akrab.

Ciri-Ciri Memo
  1. Surat khusus yang dibuat khusus untuk keperluan dalam kantor atau organisasi
  2. Dilihat dari peredarannya, sebuah kantor atau organisasi dapat menyampikan memo secara horizontal maupun secara vertikal
  3. Penyampian secara horizotal merupakan penyampian memo kepada pihak yang memiliki jabatan satara
  4. Penyampian secara vertikal merupakan penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu
  5. Berupa bentuk komuikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal
  6. Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama dalam isi surat.
Ciri-Ciri Bentuk Memo
terdiri atas dua bagian:
  • Kepala Memo
    • Penerima
    • Pengirim
    • Perihal dan tanggal pengimin
    • Paraf dan nama terang pengirim
  • Isi, penulis langsung menyampikan pesan atau perintah dalam kalimat pendek dan lugas.

Karena pedarannya yang terbatas, memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos, secara lengkap.

3 komentar:

GuruBashid mengatakan...

Maka Memo bolehlah dikatakan pesanan paling ringkas, tepat dan padat yang disampaikan dalam organisasi itu sendiri sama ada dari Majikan kepada bawahan, dari satu unit ke satu nit lain dalamjabatan itu atau antara individu dalam jabatan, unit atau organisasi itu sendiri. Jika pesanan itu hendak dikirim keluar surat kiriman rasmi adalah pilihan yang lebih tepat.Tidak gitukah saudara.

Bayu Aditya H mengatakan...

Betul, bila keluar dari organisasi menggunakan memo tidaklah tepat. Lebih baik baik bila mengirim pesan keluar dari organisasi menggunakan Surat Resmi.

Ahmad Wahib mengatakan...

Memo sekarang cukup jarang kita temui, seperti yang disampaikan pada artikel ini, memo biasanya hanya digunakan saat dalam situasi tertentu saja seperti pada lingkungan organisasi maupun perkantoran. Sebaliknya, pada kehisupan sehari-hari pesan singkat telah digantikan dengan SMS serta media komunikasi lain yang lebih mudah digunakan. Tapi meskipun begitu memo sendiri menjadi salah satu bagian dari sekian banyak materi pelajaran bahasa indonesia, pasti artikel ini akan sangat bermanfaat bagi adik-adik pelajar yang ingin tahu apa itu memo.

saya sendiri juga membuat artikel tentang memo tapi lebih mengarah bagaimana cara membuatnya, semoga artikel saya ini jika dilihat oleh pengunjung postingan ini yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat memo bisa bermanfaat Cara Membuat Memo Disertai Contoh