Senin, 16 Juni 2008

Arah Rotasi Bumi

Ada dua jenis gerakan bumi, yaitu revolusi bumi mengelilingi matahari dan rotasi bumi mengelilingi dirinya sendiri. Bumi berotasi dari barat ke timur. Buktinya, terlihat matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Sumbu rotasi bumi (sumbu imajiner bumi) membentuk sudut 23,5° terhadap sumbu revolusinya. Sudut ini hampir tidak berubah. Buktinya, kutub utara bumi selalu mengarah ke satu arah, yaitu ke arah bintang utara.
Miringnya sumbu rotasi ini dibuktikan dengan adanya empat musim di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Ketika kemiringannya mengarah ke matahari, di belahan bumi utara yang mendapat lebih banyak sinar matahari, terjadi musim panas. Sebaliknya, di belahan bumi selatan terjadi musim dingin. Di daerah kutub utara tidak ada malam (terus terang sepanjang hari), sebaliknya di daerah kutub selatan tidak ada siang (terus siang). Ketika kemiringanya menjauhi matahari, terjadi musim dingin di utara dan musim panas di selatan. Di antara kedua posisi itu terjadi musim semi dan musim gugur.
Jika sumbu rotasi bumi berubah-ubah, maka bisa terjadi kekacauan musim. Bisa terjadi bulan ini matahari bersinar sepanjang hari, bulan depan matahari sama sekali tidak terlihat. Kehidupan manusia bisa kacau.
Semoga berguna.

1 komentar:

toraj mengatakan...

pertanyaan ini sudah lama ada dalam benak saya ketika menonton film, dalam film tersebut seorang anak kena marah karena merubah teleskop sehingga teleskop yang mengarah pada benda langit yang diamati nya berubah, tetapi dia terkejut karena perubahan arah teleskop tersebut mengarah pada obyek yang lebih menarik, PERTANYAANNYA :
dilihat dari cuplikanj film tadi mungkin hampir sama keadaannya dengan kenyataan karena letak bintang-bintang setelah saya amati tidak berubah dari siang hingga malam hari, kalau bumi berputar apa bintang juga ikut berputar, kalau berputar bintang yang jaraknya jutaan mil mungkinkah mengikuti perputaran bumi pada ????, berputarkah bumi !