Minggu, 17 Agustus 2008

Sudahkah Kita Merdeka?

Gambar

Merdeka, sebuah kata yang terdiri atas tujuh huruf yang memiliki arti kebebasan. Bebas di sini bukanlah bebas lepas, tanpa aturan. Namun, bebas yang terarah menuju keadaan yang lebih baik.
Sudahkah kita merdeka? Sebuah pertanyaan yang sering terucap. Proklamasi hanyalah sebuah pintu gerbang dari kemerdekaan. Ingat, ini hanyalah sebuah gerbang dari sebuah istana yang bernama kemerdekaan. Masih ada jalan setapak yang harus dilalui untuk menuju ke sana. Kita merdeka bila kita berusaha dengan sungguh-sungguh dengan kemauan bulat berubah dari penjajahan saat ini.
Sekarang kita bukanlah secara fisik, secara militer misalnya. Namun, penjajahan secara non-fisik. Penjajahan secara militer, kita terbukti tangguh melawan, tetapi penjajahan secara non-fisik kita belum terbukti mampu.
Penjajahan ini dilaksanakan secara halus, bahkan tidak disadari bahwa kita terjajah. Bila penjajah dulu melakukan dua kali invasi militer, sekarang setiap waktu kita diinvasi secara ekonomi, sosial, dan budaya. Secara ekonomi, sudah berapa banyak barang made in luar yang kita pakai. Secara sosial, mana rasa hormat dan sungkan kamu kepada orang tua. Secara budaya, lihat pakaian yang kamu kenakan, pantas kah?
Sekarang mari berubah. Tumbuh kan para kebangsaanmu. Cintai negrimu, cintai bangsamu. Mohon maaf atas bila ada kata yang salah.
Merdeka!!!

Tidak ada komentar: