Jumat, 20 Maret 2009

Antisipasi Bencana Blogger

Bencana datang tidak diundang. Bencana datang tidak direncanakan. Bencana dapat terjadi karena hal yang disengaja atau pun tidak sengaja. Bencana disebut disengaja bila kita melakukannya, tetapi menyesalinya di saat-saat terakhir. Bencana pun dapat terjadi terhadap blog yang dikelola.
Masih bingung? Maksudnya begini. Suatu waktu kita ingin membenahi suatu blog, kita tidak sengaja menghapus suatu artikel di blog atau justru sengaja menghapusnya dengan sengaja, tetapi menyesal telah melakukannya. Mau mem-posting lagi terlalu melelahkan bila kita menghapusnya terlalu banyak. Mau merelakannya, tapi kok sayang.
Untuk itu, di Blogger ada Alat Blog Impor blog dan Alat Blog Ekspor blog. Di sini kamu dapat mengimpor entri dan komentar dari blog Blogger yang telah diekspor sebelumnya atau ekspor blog. Caranya:
  1. Masuk ke Blogger
  2. Di Dasbort lihat ada pilihan blog-blog milik Anda. Klik Pengaturan dari blog yang dipilih.
  3. Di Alat Blog, klik Ekspor blog.
  4. Di Ekspor blog. Ekspor blog Anda ke dalam format ekspor Blogger Atom. Kamu dapat melakukannya untuk memindahkan blog ke layanan blog lain atau sekadar menyimpannya ke kandar pribadi (maksudnya harddisc punya kamu sendiri). Jangan khawatir, blog Anda akan tetap ada di Blogger hingga Anda hapus. Klik Unduh.
Lalu, bila tiba-tiba bencana itu datang jangan khawatir. Langsung saja lakukan langkah berikut ini:
  1. Di Alat Blog, klik Impor blog
  2. Selanjutnya, pilih berkas ekspor Blogger (.xml) dari kandar kamu dan mengisi kata verifikasi di bawah. Secara baku, semua posting yang telah kamu impor akan tetap tidak dipublikasi sampai kamu menerbitkannya dari Dashboard nanti. Namun, jika kamu ingin semua posting segera diterbitkan, pastikan untuk mencentang kotak di sebelah Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis sebelum kamu klik Impor Blog.
  3. Jika anda tidak memilih untuk mempublikasikan posting Anda secara otomatis, anda perlu secara manual menerbitkannya dari Posting lalu tab Edit Entri sebelum posting akan muncul di blog kamu. Kamu bisa menerbitkan semua posting sekaligus dengan mengklik Publikasikan Semua Entri yang Diimpor, atau mempublikasikan setiap posting dengan memilih posting yang dipilih dan mengklik Publikasikan yang Dipilih.
  4. Selesai
Semoga berguna.

1 komentar:

se-masa mengatakan...

wah baru saya gan caranya,,terimakasih infonya gan